Minggu, 21 Juli 2013

Ramadhan Ceria Bersama FORMIS UTY (Universitas Teknologi Yogyakarta)

Ramadhan Ceria Bersama FORMIS UTY (Universitas Teknologi Yogyakarta)


Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang dinanti-nanti oleh seluruh umat islam di  dunia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa senang dan menanti-nanti dengan datangnya bulan Ramadhan, karena bisa berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan (Fastabiqul Khoirot). Hanya pada bulan Ramadhanlah Allah seolah-olah “mengobral” pahala kepada umat islam. Kalau pada selain bulan Ramadhan ketika melakukan kebaikan hanya akan mendapatkan 1 pahala, tetapi kalau pada bulan Ramadhan setiap 1 pahala yang didapatkan akan di lipatgandakan menjadi 1000 pahala oleh Allah SWT.
Pada bulan Ramadhan banyak sekali bermunculan kegiatan-kegiatan benuansa islami yang berada di sekitar kita. Mulai dari kegiatan Ceramah, Tadarus Al-Qur’an, Sholat Terawih berjamaah, lomba-lomba dan kegiatan lain yang bisa membuat hati senang, damai dan teduh. Hal ini juga yang dilaksanakan oleh sebuah unit kegiatan mahasiswa kerohanian yang berada di lingkungan Universitas Teknologi  Yogyakarta yang biasa disebut FORMIS (Forum Mahasiswa Islam). Seolah-olah sudah menjadi program kerja rutinan, setiap tahunya FORMIS bekerjasama dengan Ta’mir Masjid Al-Jannah (Masjid Universitas Teknologi Yogyakarta) dan Yayasan Darma Bakti IPTEK  melakukan beberapa kegiatan kerohanian yang  tentunya agar bisa berbagi dengan sesama dan untuk memakmurkan Masjid Al-Jannah yang kali ini merupakan Base Camp dari FORMIS itu sendiri.
Banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh FORMIS dalam bulan Ramadhan tahun ini. Sholat Terawih berjamaah, Ceramah subuh, Tadarus Al-Qur’an, buka bersama, dan lomba-lomba islami menghiasi kesibukan pengurus FORMIS. Salah satu yang menjadi pusat perhatian dari pengurus FORMIS adalah diadakanya lomba-lomba islami yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 juli 2013. Pada lomba-lomba ini FORMIS mengundang peserta dari luar lingkungan Universitas Teknologi Yogyakarta. Lomba-lomba yang diadakan oleh FORMIS diantaranya adalah lomba Cerdas Cermat Agama (CCA), lomba Adzan, lomba Baca Puisi, lomba Tartil Al-Qur’an, dan lomba Mewarnai. Target untuk lomba-lomba tersebut adalah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang berada di sekitas Universitas Teknologi  Yogyakarta.
Salah satu tujuan diadakanya lomba-lomba tersebut adalah agar bisa berbagi dengan sesama terutama untuk anak-anak TPA baik dalam bentuk kebahagiaan maupun dalam bentuk yang lain. Di samping itu, tujuan lain yang diharapkan adalah untuk bisa menyaring bakat-bakat yang dimilikii oleh anak-anak TPA yang nantinya akan bisa dikembangkan di masa depan. Dalam lomba ini dari pengurus FORMIS juga menjalin silaturahmi bersama peserta lomba dengan diadakanya buka bersama setiap harinya. Silaturahmi dalam bentuk lain juga dilakukan oleh FORMIS kepada masyarakat sekitar lewat kegiatan Tadarus Al-Qur’an bersama setelah sholat terawih berjamaah.
Lomba-lomba tersebut sangat meriah karena banyak peserta yang ikut serta dalam menguji kemampuanya. Banyak hadiah yang sudah disiapkan oleh pengurus FORMIS bagi anak-anak TPA yang memang berprestasi. Disamping rasa senang bisa bersilaturahmi dan berbagi terhadap  bersama, manfaat lain yang bisa didapatkan adalah dengan bertambahnya ilmu baik yang dirasakan oleh pengrus FORMIS, anak-anak TPA, maupun pihak-pihak  lainnya. Tetapi manfaat lain yang tidak kalah pentingnya adalah bisa memeriahkan dan memakmurkan bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah dan bisa memakmurkan masjid Al-Jannah yang merupakan rumah Allah. Semua ceria, bahagia, dan senang bersama FORMIS Universitas Teknologi  Yogyakarta di bulan Ramadhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar